Inovasi SI & New Technology
Nama : Anindita Suci F
Kelas : 2 KA 29
Dosen : Arbi Pramana
Pengertian Inovasi Sistem Informasi dan New Technology
Pengertian
Inovasi
Inovasi adalah suatu penemuan baru yang
berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. orang atau
wirausahawan yang slalu berinovasi, maka ia sapat dikatakan sebagai seorang
wirausahwan yang inovatif. Seseorang yang inovatif akan selalu berupaya
melakukan perbaikan, menyajikan sesuatu yang baru/unik yang berbeda dengan yang
sudah ada.
Pengertian
Sistem Informasi
Sistem Informasi
adalah suatu sistem yang menyediakaninformasi untuk manajemen dalam mengambil
keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem
tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan
prosedur-prosedur yang tergorganisasi.
Pengertian
New Technology
New Technology adalah penemua baru keseluruhan sarana untuk
menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan
hidup manusia.
- Jadi dapat disimpulkan, pengertian inovasi sistem informasi & new technology adalah proses kreatif dalam melakukan penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada dengan melakukan kegiatan meneliti, mengembangkan, atau pun merekayasa yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, ataupun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada dalam bidang sistem informasi.
g CONTOH INOVASI SISTEM INFORMASI &
TEKNOLOGI
·
Contoh
Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi di bidang Bisnis
Dalam dunia bisnis, Sistem informasi dan
Teknologi dimanfaatkan untuk perdagangan yang dilakukan secara elekronik atau disebut
juga dengan E-Commerce. E-Commerce merupakan penyebaran, penjualan, pembelian
dan pemasaran barang serta jasa melalui system elektronik seperti internet atau
televisi, website maupun jaringan komputer lainnya. Dengan adanya E-Commerce,
masyarakat dapat melakukan jual beli tanpa harus pergi ke tempat yang
menyediakan barang yang diinginkan.
·
Contoh Inovasi
Sistem Informasi dan Teknologi di bidang Keuangan
Seorang
nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama disana masih ada layanan
ATM dari bank tersebut, atau seseorang dapat tanpa perlu bertemu dengan orang
yang di tuju dengan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam
hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
·
Contoh Inovasi
Sistem Informasi dan Teknologi di bidang Pendidikan
Salah satu aplikasi e-learning yang
berbasis open source adalah Moodle. Moodle adalah paket software yang
diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan website. Moodle pertama
kali dikembangkan oleh Martin Dogiamas yang mempertahankan moodle sebagai paket
software e-learning yang free (gratis) dan open source (terbuka source
programnya). Moodle terus mengembangkan rancangan sistem dan desain user
interface setiap minggunya (up to date). Oleh karena itu Moodle tersedia dan
dapat digunakan secara bebas sebagai produk open source. Sistem e-learning
berbasis open source (moodle) yang digunakan diharapkan dapat meningkatkan
efsiensi dan efektivitas kinerja pengajar dan pemahaman pembelajar terhadap
materi pembelajaran. Istilah moodle singkatan dari Modular Object
Oriented Dynamic Learning Enviroment yang berarti tempat belajar
dinamis dengan menggunakan model berorientasi objek atau merupakan paket
lingkungan pendidikan berbasis web yang dinamis dan dikembangkan dengan konsep
berorientasi objek.
Contoh lainnya :
A. Televisi
Televisi adalah sebuah media
telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak
beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Televisi
dapat diartikan sebagai alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.
kita tak perlu ketempat yang jauh untuk melihat kondisi dari suatu kejadian
tertentu yang jauh atau bahkan sangat jauh
B. Sosial Media
Sosial Media adalah sekarang ini penuh inovasi setiap
tahunnya. Mulai dari facebook, twitter, snapchat, instagram, dan lain-lain. Ada
yang berbasiskan video, gambar, bahkan tag lokasi. Dari awalnya hanya update
status, ganti profile picture. Sekarang semua bisa di update melalui sosial
media. Hal hal yang tidak kita mau lewati bisa kita post ke sosial media.
C. VR
(Virtual Reality)
Virtual
Reality adalah teknologi yang membuat pengguna atau
user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang
disimulasikan oleh komputer, jadi kita merasa berada di dalam lingkungan
tersebut
D. Teknologi baru dalam bermain Game
Untuk terciptanya alat gaming yang
stabil dan efektif terhadap si pengguna. Teknologi gaming semaking berkembang.
Contohnya Playstation Eye yang mendeteksi gerakan pemain, sama
halnya seperti kinect. Lalu ada juga motion gesture, seperti Nintendo
Wii, dan yang terakhir teknologi gaming yang terbaru itu ada virtual
reality. Virtual reality diharapkan kedepannya bisa membawa pemain merasakan
masuk kedalam game.
E. Drone
Drone merupakan adalah pesawat
pengintai tak berawak yang dijalankan dengan pusat kendali di suatu tempat
dengan menggunakan komputer atau juga remote control. Selain dapat
dikendalikan, drone juga dapat disetting untuk dapat terbang secara otomatis.
Kita bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah dan menyeluruh yang
direkam oleh drone dari udara.
Sebetulnya ada banyak contoh dari hasil inovasi SI
& TI. Hal tersebut selalu dapat terjadi seiring perkembangan otak manusia.
Selama otak manusia masih bisa mengeluarkan ide ide baru nya untuk menciptakan
inovasi inovasi baru. Akan lahir bermacam macam produk yang baru juga.
Kesimpulan
Dengan demikian dengan adanya inovasi terbaru maka diharapkan masyarakat
dapat memanfaatkannya dengan bijak dan benar,dengan adanya new technology maka
dapat mencakup basis ilmu pengetahuan dan
teknologi (termasuk di dalamnya aktivitas pendidikan, aktivitas penelitian dan
pengembangan, dan rekayasa), basis produksi (meliputi aktivitas-aktivitas nilai
tambah bagi pemenuhan kebutuhan bisnis dan non bisnis serta masyarakat umum),
dan pemanfaatan dan difusinya dalam masyarakat serta proses pembelajaran yang
berkembang
DAFTAR
PUSTAKA
0 komentar: