Sejarah Perkembangan Sistem Informasi & Teknologi Informasi
Kelas : 2KA29
Dosen : Arbi Pramana
Seiring dengan berkembangnya
zaman, ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang IPTEK makin berkembang dengan
pesat. Hal ini pula yang merupakan salah satu faktor pendukung yang mendorong
laju dari Era Globalisasi. Dalam kurun waktu 30 tahun belakangan ini, muncul
berbagai macam inovasi-inovasi teknologi modern nan canggih yang lahir seiring
berkembangnya kemajuan teknologi demi terus memberikan berbagai macam manfaat
positif yang berguna bagi kebutuhan manusia. Kebutuhan-kebutuhan manusia
juga kini menjadi mudah untuk terpenuhi khususnya kebutuhan akan suatu data
maupun informasi. Dengan hadirnya suatu Sistem
Informasi dan Teknologi Informasi kebutuhan akan data dan informasi menjadi
terfasilitasi.
Sejarah Perkembangan Sistem Informasi
Pada tahun 1940 saat perang dunia ke 2 Sistem Informasi digunakan oleh
militer untuk pengiriman dan penerimaan dokumen dokumen. Pengiriman dan
penerimaan dokumen dokumen ini disimpan dalam bentuk magnetic tape.
1.
Generasi Pertama (1945-1955)
Pada generasi ini belum ada sistem operasi, sistem komputer
diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
2.
Generasi Kedua (1955-1965)
Batch processing systemJob dikumpulkan dalam satu rangkaian
kemudian dieksekusi secara berurutan.Sistem komputer belum dilengkapi sistem
operasi, tapi beberapa fungsi dasar sistem operasi telah ada, misalnya FMS
(Fortran Monitoring System) dan IBSYS,keduanya merupakan bagian yang fungsinya
merupakan komponen sistem operasi
3.
Generasi Ketiga (1965-1980)
Dikembangkan untuk melayani banyak pemakai secara online, sehingga
menuntut sistem komputer dapat digunakan secara :
·
Multiuser
Berarti komputer yang memiliki resource yang dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus.
Berarti komputer yang memiliki resource yang dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus.
·
Multiprogramming
Berarti komputer melayani banyak proses/job sekaligus pada waktubersamaan, yaitu dengan membagi (mempartisi) memori menjadi beberapa bagian dengan satu bagian memori adalah satu job berbeda.
Berarti komputer melayani banyak proses/job sekaligus pada waktubersamaan, yaitu dengan membagi (mempartisi) memori menjadi beberapa bagian dengan satu bagian memori adalah satu job berbeda.
·
Time sharingVarian dari
multiprogramming, dimana tiap pemakai mempunyai satuterminal online dengan
pemroses hanya memberi layanan pada pemakai yangaktif secara bergantian secara
cepat.
·
Spooling
membuat peripheral seolah-olah dapat digunakan bersama-sama sekaligus,dapat diakses secara simultan, yaitu dengan cara menyediakan beberapapartisi memori. Saat terdapat permintaan layanan peripheral, langsungditerima dan data disimpan lebih dulu di memori yang disediakan (berupaantrian), kemudian dijadwalkan agar secara nyata dilayani oleh peripheral.
membuat peripheral seolah-olah dapat digunakan bersama-sama sekaligus,dapat diakses secara simultan, yaitu dengan cara menyediakan beberapapartisi memori. Saat terdapat permintaan layanan peripheral, langsungditerima dan data disimpan lebih dulu di memori yang disediakan (berupaantrian), kemudian dijadwalkan agar secara nyata dilayani oleh peripheral.
4. Generasi Keempat (1980-199x)
Sistem operasi yang dapat melayani banyak mode, yaitu
mendukung batch processing, timesharing dan (soft) real time applications.
Perkembangan denganmeningkatnya kemampuan komputer dekstop (PC) dan teknologi
jaringan(TCP/IP). Selama tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an, perusahaan
raksasa multinasional banyak menyelesaikan pembangunan sistem informasi global
mereka (GIS/ Global Information System), tetapi masih terdapat beberapa hal
lain yang masih harus diselesaikan dalam rangka menyempurnakan sistem pengelolaan
informasi berbasis komputer yang mendunia ini.
Pada tahun 2000-an, kurang lebih 2070 perusahaan multinasional akan
didorong untuk memperbaiki aplikasi sistem informasi dan bentukan arsitektur
sistem ini. Sistem yang mulanya dirancang untuk mendukung operasi yang
tersentralisasi ataupun tidak tersentralisasi akan ditingkatkan untuk
memampukan perusahaan induk dan cabangnya beroperasi sebagai sebuah koordinat
suatu sistem yang terintegrasi. Adapun hal yan perlu ditingkatkan dan
diintegrasikan secara utuh dalam pematangan sistem informasi dunia adalah
peranan sistem informasi berbasis komputer (Computer Based
Information System/ CBIS)
Perkembangan
Komputer
Jika kita meninjau dari sejarah perkembangan
alat hitung menghitung, pada prinsipnya komputer itu sama saja dengan alat
hitung. Persoalan hitung menghitung sudah dikenal oleh bangsa yang hidup
beribu-ribu tahun sebelum masehi, hanya berbeda caranya dengan kita saat ini.
Pada waktu itu belum ada pengertian tentang angka (1, 2, 3, dll) juga
mereka belum kenal tulis menulis seperti sekarang ini.
Selanjutnya perkembangan alat menghitung
ini dapat kita mulai dengan dikenalnya sejenis alat hitung yang dinamakan
ABACUS (sempoa) di daratan Cina kira-kira tahun 2000 sebelum masehi. Alat
hitung ini kemudian dikenal juga oleh orang-orang Timur Tengah dan bahkan
sampai ke daratan Eropa.
|
ABACUS (Sempoa)
(2000 SM)
|
Pada tahun 1617 John Napiar dari
Scotlandia menemukan cara hitung dengan menggunakan tabel bujur sangkar yang
terdiri dari (9 x 9) kolom masing-masing berisikan angka 1 sampai angka 9 yang
dikenal dengan nama NAPIER'S BONES.
|
NAPIER'S BONES
(1617)
|
Tahun 1621 ditemukan Slide rule yang
merupakan arah maju pada alat hitung yang bersifat mekanis.
|
Slide Rule (1621)
|
Selanjutnya pada tahun 1642 Pascal seorang
ahli matematika menciptakan mesin hitung mekanis yang kemudian dikenal dengan
PASCAL'S ARITHMETIC MACHINE. Alat hitung ini menggunakan alat sederhana yang
berupa lempengan-lempengan bundar yang mempunyai angka 0 sampai 9, Alat ini
digunakan dengan cara memutar lempengan yang berisi angka-angka tersebut.
|
PASCAL'S ARITHMETIC
MACHINE (1642)
|
Tahun 1674 Gotfriend Leibnitz dari Jerman
menciptakan mesin hitung yang dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian.
Alat ini kemudian dikenal dengan nama LEIBNETZ CALCULATION MACHINE.
|
LEIBNETZ CALCULATION
MACHINE (1674)
|
Selanjutnya pada tahun 1812 seorang
Matematikawan dari Perancis yaitu Charles Babbage berhasil menciptakan suatu
mesin hitung yang dinamakan BABBAGE CALCULATION MACHINE. Mesin yang diciptakan
Babbage ini telah menggunakan konsep yang sama yang terdapat pada komputer
sekarang ini. Mesin ini juga mengenal semacam stirage untuk menyimpan data.
Mesin ini juga sudah sanggup melakukan perhitungan sederhana dalam Trigonometri
dan Logaritma secara automatis. Karena mesin ini mempunyai suatu storage atau
tempat penyimpanan maka mesin ini mampu menyimpan data atau hasil perkalian
suatu operasi yang akan digunakan dalam operasi selanjutnya.
|
BABBAGE CALCULATION
MACHINE (1812)
|
Tahun 1890 Herman Hollerith dari Biro
Sensus Amerika Serikat menciptakan mesin punched card counting yang menggunakan
punch card sebagai media datanya. Penemuan punch card ini merupakan penemuan
yang gemilang dalam sejarah Komputer sehingga Herman Hollerith dijuluki Bapak
Komputer modern.
|
Punched Card (1890)
|
Selanjutnya pada tahun 1944 Howard Aiken
dari Harvard University yang bekerja sama dengan International Business
Machines (IBM), berhasil membuat sebuah mesin komputer yang mampu melakukan
serentetan operasi Aritmatika secara otomatis. Mesin ini dinamakan MARK-1 dan
bolehlah dikatakan sebagai komputer pertama yang diciptakan oleh manusia.
|
MARK-1 (1944)
|
J. Presper dan John W. Mauchly dari
Universitas of Pensylvania merancang sebuah mesin komputer electronic yang
diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integer and Calculator). Mesin yang
melakukan operasi secara electronic ini selesai pada tahun 1945. Kemudian kedua
orang inipun mengembangkan suatu mesin komputer electronic yang menggunakan
angka-angka biner (binary number) dalam operasi aritmatikanya. Mesin ini
dinamakan EDVAC yang selesai pembuatannya pada tahun 1952. pada tahun ini di
Eropa juga di University of Cambridge telah ditemukan komputer yang sejenis
yang diberi nama EDSAC.
|
ENIAC (1945)
|
|
EDSAC (1952)
|
UNIVAC-I adalah komputer pertama yang
diperdagangkan dan dijual oleh Remington Rand pada tahun 1949. Komputer ini
dibuat oleh Eckert Maughly Computer Company pada tahun 1946. Untuk masa lebih
kurang 5 tahun, jenis komputer ini sangat terkenal, hingga pada tahun 1953
komputer produksi IBM muncul seperti IBM-701, kemudian disusul oleh IBM-655
yang diproduksi tahun 1954.
|
UNIVAC-1
(1946)
|
|
IBM-701 (1953)
|
|
IBM-665 (1954)
|
Saat ini telah muncul banyak pabrik yang
memproduksi Komputer, baik dari daratan Eropa, Amerika, Blok Sosialis, Jepang,
dan banyak negara lain lagi yang telah sanggup membuat merek komputer. Sekarang
banyak kita temui komputer dengan bermacam merek dan untuk bermacam-macam
kegunaannya seperti IBM, RADIO SHACK, UNIVAC, TEXAS INSTRUMENT, NEWLEWT
PACKARD, NEC, APPLE, COMMODORE, CROMENCO dll.
Acer Aspire R13
(2016)
Pemanfaatan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi
1.
Sistem Informasi bertujuan untuk
menghasilkan informasi. Sistem informasi adalah data yang diolah menjadi
bentuk yang berguna bagi para pemakainya. Data yang diolah saja tidak cukup
dapat dikatakan sebagai suatu informasi. Untuk dapat berguna, maka informasi
harus didukung oleh tiga pilar sebagai berikut: tepat kepada orangnya atau
relevan (relevance), tepat waktu (timeliness), dan tepat nilainya atau akurat
(accurate). Keluaran yang tidak didukung oleh tiga pilar ini tidak dapat
dikatakan sebagai informasi yang berguna, tetapi merupakan sampah (garbage).
2.
Teknologi Informasi (TI/ IT) adalah
istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat,
mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI
menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara,
dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer
pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan
peranti genggam modern (misalnya ponsel).
Perkembangan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
Pemahaman Komponen Perangkat Keras
Komputer adalah serangkaian peralatan
elektronika yang bergabungan/ teradu dan bekerja secara beracam-macam serta
terkoordinasi oleh suatu sistem operasi. Seperangkat alat-alat elektronika
yang berupa mesin=mesin/ komponen-komponen yang dapat dilihat, inilah yang
disebut dengan Perangkat Keras (Hardware). Beberapa komponen Hardware:
1. Input
Input adalah salah satu bagian/ komponen
dari sistem komputer yang berfungsi untuk tempat memasukkan data maupun
instruksi-instruksi kepada komputer. Data maupun instruksi yang dimasukkan ke
dalam komputer adalah data/ instruksi yang masih dalam bahasa ataupun
kode-kode, sedangkan mesin komputer hanya mengenal data/instruksi tersebut
jika sudah dalam bentuk kode-kode biner (bit) jadi agar komputer bisa mengenal
data/ instruksi-instruksi tersebut, alat inilah yang akan melakukan
terjemahan/ konversinya.
Contoh
alat-alat Input:
·
Keyboard
Berfungsi memasukkan huruf, angka,
karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna)
untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan.
·
Mouse
Berfungsi untuk memindahkan pointer
atau kursosr secara cepat serta mengatur posisi kursor di layar.
·
Scanner
Berfungsi untuk mengopi atau menyalin
gambar atau teks yang kemdian disimpan dalam memori komputer.
Scanner sebenarnya terbagi atas beberapa jenis menurut fungsinya.
ada yang berfungsi memindai tulisan dan menyimpannya dalam format teks,
ada yang berfungsi untuk memindai dan menyimpan dalam format
picture, ada pula yang berfungsi untuk memindai warna hitam seperti
yang dilakukan alat periksa kertas ujian.
2. Proses
Proses adalah adalah alat-alat yang
berfungsi mengolah data kedalam komputer setelah mengalami proses Input.
Contoh alat-alat Proses:
·
CPU (Central Processing Unit)
Sebagai otak dan pengendali proses
kinerja computer, dengan dibantu komponen lainnya.
·
ALU (Arithmetic Logical Unit)
Berfungsi untuk melakukan suatu proses
data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan
statistika.
·
CU (Control Unit)
Berfungsi untuk melakukan pengontrolan
dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum
data tersebut dikeluarkan.
3. Output
Output adalah suatu komponen dari sistem
komputer yang berfungsi untuk tempat mengeluarkan hasil-hasil pegolahan yang
telah dilakukan oleh komputer. Semua hasil dari pengolahan/ proses komputer
ini juga merupakan kode/simbol yang masih dalam bentuk kode biner (bit), maka
agar kita sebagai pemakai komputer bisa membacanya, simbol biner itu harus
dikonversikan lagi kedalam bentuk bahasa yang kita kenal.
Contoh
alat-alat Output:
·
Monitor
Berfungsi menampilkan teks dan/atau
gambar, baik diam atau bergerak, yang dijanakan oleh komputer dan diproseskan
oleh grafik.
·
Printer
Untuk mencetak teks atau gambar ke media
kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.
·
Speaker
Untuk memberikan informasi dalam bentuk suara.
4. Kontrol
Mengatur dan mengendalikan alat Input
Output sangatlah penting, Unit kendali atau Control Unit (CU) adalah salah
satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol
terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di
dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas bagian lainnya
dari perangkat CPU.
Pada awal-awal desain komputer, CU
diimplementasikan sebagai ad-hoc logic yang susah untuk didesain. Sekarang,
CU diimplementasikan sebagai sebuah microprogram yang disimpan di dalam
tempat penyimpanan kontrol (control store). Beberapa word dari microprogram
dipilih oleh microsequencer dan bit yang datang dari word-word tersebut akan
secara langsung mengontrol bagian-bagian berbeda dari perangkat tersebut,
termasuk di antaranya adalah register, ALU, register instruksi, bus dan
peralatan input/output di luar chip. Pada komputer modern, setiap subsistem
ini telah memiliki kontrolernya masing-masing, dengan CU sebagai pemantaunya
(supervisor). CU, juga berfungsi untuk bersinkronasi antar komponen.
5. Penyimpanan
Memori (atau lebih tepat disebut memori
fisik) merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data
sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses
oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam
memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan
tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain,
komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data
yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh karena itulah, sebelum
mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke dalam media penyimpanan
permanen (umumnya berbasis disk, semacam hard disk atau floppy disk),
sehingga data tersebut dapat dibuka kembali di lain kesempatan. Memori fisik
umumnya diimplementasikan dalam bentuk Random Access Memory (RAM), yang
bersifat dinamis (DRAM). Mengapa disebut Random Access, adalah karena akses
terhadap lokasi-lokasi di dalamnya dapat dilakukan secara acak (random),
bukan secara berurutan (sekuensial). Meskipun demikian, kata random access
dalam RAM ini sering menjadi salah kaprah. Sebagai contoh, Read Only Memory
(ROM), juga dapat diakses secara random, tetapi ia dibedakan dengan RAM
karena ROM dapat menyimpan data tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat ditulisi
sewaktu-waktu. Selain itu, hard disk yang juga merupakan salah satu media
penyimpanan juga dapat diakses secara acak, tapi ia tidak digolongkan ke
dalam Random Access Memory.
Pemahaman Komponen Perangkat Lunak
1. Evaluasi Perangkat Lunak
Perangkat Lunak (Software) adalah
komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan
teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Pada umumnya, istilah software
menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia
dan mesin komputer.
Fungsi Software antara lain:
·
Mengidentifikasi program
·
Menyiapkan aplikasi program sehingga
tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol
·
Mengatur dan membuat pekerjaan lebih
efisien
2. Klasifikasi Perangkat Lunak:
·
Prangkat Lunak Sistem
a) Bahasa Permrograman
Bahasa Pemrograman adalah bahasa-bahasa
yang dipakai oleh programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi
(program).
Contoh Bahasa Pemrograman:
1. ASSEMBLER : Suatu bahasa yang lebih
dekat dengan mesih (Machine Oriented Languange).
2. COBOL : Common Bussiness Oriented
Language, untuk aplikasi komersil (bussiness).
3. FORTRAN : Formula Translator, untuk
aplikasi ilmiah/ teknik
Menurut tingkatannya Bahasa Pemrograman
digolongkan menjadi 3 macam, yaitu Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Laguage),
Bahasa Tingkat Menengah (Medium Level Language) dan Bahasa Tingkat Tinggi
(High Level Language).
b) Sistem Operasi
Sistem Operasi adalah bagian software
yang sangat pentin, merupakan kumpulan program yang mengontrol dan mengatur
seluruh kegiatan processing di dalam sistem.
Pada prinsipnya, oprating system
merupakan kumpulan dari program routine dan prosedur, yang dibuat untuk
memperkecil peranan manusia dalam sistem dan untuk membesar efisiensi sistem.
Kemampuan Komputer beroperasi itu sangat ditentukan oleh konfigurasi dan
kapasitas komputer dalam instalasi komputer.
Contoh-contoh Sistem Operasi:
·
BOS (Basic Operating System)
·
TOP (Tape Operating System)
·
DOS (Disk Operating System)
·
OS/VS (Operating System/ Virtual
Storage).
c) Utility
Kerja sebuah komputer tidak hanya
ditentukan dari potensi yang ada pada perangkat kerasnya saja, tetapi juga
ditentukan dari paket perangkat lunak apa yang dipergunakan. Agar kinerjanya
dapat lebih tinggi lagi, maka digunakanlah utility program atau program
bantu, yang bekerja simultan terhadap paket perangkat lunak utama yang
digunakan.
Contoh program Utility:
·
Norton Utility
·
PC Tools
·
Mace Utility.
Perangkat Lunak Aplikasi
a) Aplikasi Office
Aplikasi Office adalah sebuah paket
perangkat lunak yang diperuntukkan khusus untuk pekerjaan di kantor.
Komponen-komponennya umumnya didistribusikan bersamaan, memiliki antarmuka
pengguna yang konsisten dan dapat berinteraksi satu sama lain. Kebanyakan
aplikasi paket perkantoran terdiri dari sedikitnya sebuah pengolah kata dan sebuah
lembar kerja. Sebagai tambahan, paket dapat terdiri dari sebuah aplikasi
presentasi, peralatan basis data, paket grafis dan peralatan komunikasi.
Sebuah paket perkantoran juga dapat memiliki sebuah klien surat elektronik
dan manejer informasi pribadi atau paket groupware.
Paket perkantoran yang paling dominan
saat ini adalah Microsoft Office, yang tersedia untuk sistem operasi
Microsoft Windows dan Apple Macintosh dan telah menjadi perangkat lunak paket
perkantoran standar secara de-facto.
1. Microsoft Office Word
Microsoft Word atau Microsoft Office
Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan
Microsoft.
2. Microsoft Office Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office
Excel atau Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang
dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi
Microsoft Windows dan Mac OS.
3. Microsoft Office PowerPoint
Microsoft PowerPoint atau Microsoft
Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk
presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran
mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa
program lainnya.
b) Aplikasi Multimedia
Aplikasi Multimedia adalah penggunaan
komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi,
audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna
dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia
informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat
website.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia
pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai
media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau
otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil
perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan
dalam sistem e-learning.
Contoh Aplikasi Multimedia:
·
VLC Media Player
·
Media Player Classic
·
WinAmp
·
Macromedia
·
Corel Photo Paint
·
Adobe Photoshop
·
Power Director
·
NOTEPAD++.
c) Aplikasi Internet
Aplikasi Internet adalah sebuah
perangkat lunak yang berhubungan dengan internet. Umumnya "Internet
Suite" merupakan gabungan web browser, e-mail client (dilengkapi news
client dan address book), download manager, HTML editor, dan IRC client.
Contoh Aplikasi Internet:
·
Netscape Communicator
·
Mozilla Application Suite, SeaMonkey and
Gnuzilla
·
Opera
·
Google Chrome
·
Arachne
·
Cyberdog
·
MSN Explorer
|
KESIMPULAN : Lahir
dan berkembang pesatnya inovasi inovasi IPTEK serta Sistem InOformasi atau
Teknologi Informasi yang memiliki segudang manfaat ini sangat memanjakan
kebutuhan kita, tentu saja itu merupakan sisi positif dari teknologi. Akan
tetapi teknologi juga mempunyai sisi negatif pula, oleh karena itu kita
diharuskan untuk bijak dalam menyikapi semua ini. Jangan sampai kita yang
menjadi korban dan dibudakkan oleh sisi negatif dari teknologi.
REFERENSI :
https://syarifsegaf.blogspot.co.id/2016/10/sejarah-perkembangan-sistem-informasi.html
http://dyhancrspo.blogspot.co.id/2016/09/sejarah-perkembangan-sistem-informasi.html
0 komentar: